Serba-serbi pertanyaan dasar Developer Property Syariah Tanpa Bank

Serba-serbi pertanyaan dasar Developer Property Syariah Tanpa Bank

1. Emang developernya mampu? Jualan rumah tanpa KPR bank? 
Jawab : Insyaallah, kekayaan hanya milik Allah, kita hanya mencari rizkinya dengan cara yang halal.

2. Bisa gak rumahnya kita milih sendiri di lokasi lain? 
Jawab : Gak bisa, kita jualan produk sendiri, bukan pembiayaan.

3. Kok harga cash ama kreditnya beda? Katanya gak pake bunga? 
Jawab : Itu margin bukan bunga

4. Apa bedanya margin ama bunga? Bukannya sama aja? 
Jawab : Margin itu keuntungan yang didapat dari jual beli, dan itu halal. 
Sedangkan bunga adalah keuntungan yang didapat dari utang piutang, dan itu haram. 
Kita ini jual beli, bukan utang piutang.

5. Trus apa bedanya sama bank? 
Jawab : Bank itu kebanyakan minjemin duit, bukan jual produk.

6. Emang ga boleh, dapat untung dari pinjemin duit? 
Jawab : Gak boleh, pinjaman itu akadnya sosial, pahalanya tersendiri, kalo ngambil untung dari pinjaman, namanya riba.

7. Riba itu apa?
Jawab : Riba itu satu2nya dosa besar yang ancamannya diperangi oleh Allah dan Rosulnya.

8. Berarti kalo bank punya produk sendiri boleh donk? 
Jawab : Boleh, tapi jarang ada.

9. Kalo beli langsung ke developer, DP bisa dicicil gak? 
Jawab : Bisa

10. Ini beneran gak ada denda kalo telat bayar? 
Jawab : Beneranlah, denda juga termasuk dalam kategori riba.

11. Ada biaya KPR seperti admin, provisi, dan asuransi gak? 
Jawab : Gak ada.

12. Saya pernah bermasalah di BI Checking apa bisa?
Jawab : Bisa, selama jumlah cicilan utang saat ini tidak melebihi 30?ri income perbulan.

13. Indennya kok lama, paling cepat setahun? 
Jawab : Setahun itu sebentar, yang lama itu nungguin angsuran modal plus laba selama 9 tahun ke depan.

14. Kalo nanti developernya kabur gimana?
Jawab : Kalo rumah udah diserahin ke konsumen, yang punya utang kan konsumen, ngapain kabur?

15. Kalo dalam setahun itu konsumen mundur alias gak jadi beli gimana? 
Jawab : Uang dikembalikan dengan dipotong biaya yang telah riil dikeluarkan developer seperti buat bayar fee marketing dan ATK.

16. Rumah bisa custom?
Jawab : Bisa, itulah enaknya rumah inden.

17. Kalo developernya gagal bangun gimana? 
Jawab : Uang kembali 100% tanpa potongan apapun

18. Rumah udah diserahin, trus AJBnya kapan?
Jawab : Bisa sebelumnya, bisa berbarengan, bisa setelahnya, tergantung kebijakan developer.

19. Sertifikat dipegang dimana? di notaris apa developer? 
Jawab : Dipegang developer, masa utang ke developer, sertifikat dipegang notaris, notaris kan bukan tempat penitipan.

20. Kalo dipegang developer, nanti malah disekolahin ama developer pas developer gak punya duit? 
Jawab : Kan SHM-nya udah dibalik nama ke konsumen, gak bisa kita apa2in juga, yang ada jadi beban jagain SHM orang.

21. Bisa gak sertifikat disimpan di Safe Deposit Box (SDB) Bank? 
Jawab : Bisa, biaya ditanggung konsumen, kunci dipegang developer.

22. Ada biaya apalagi selain harga?
Jawab : Biaya notaris untuk AJBBN dan biaya pajak pembeli (BPHTB)

23. Gak pake asuransi jiwa, ntar kalo pembelinya meninggal gimana?
Jawab : Ahli warisnya ( suami/istri dan anak2) silakan melanjutkan angsurannya

24. Kalo ahli warisnya cuma anaknya yang masih kecil gimana?
Jawab : Kita putihkan

25. Gak pake asuransi kebakaran, kalo rumahnya kebakaran gimana?
Jawab : Insyaallah kita selalu bangun di lokasi akses dua mobil yang memungkinkan mobil pemadam kebakaran mudah sampai ke lokasi.

26. Pelunasan dapat diskon gak?
Jawab : Setiap developer syariah tanpa bank punya catatan sendiri untuk hitungan diskon pelunasan yang tidak akan disampaikan nilainya di awal baik secara lisan maupun tulisan.

27. Gimana kalo macet bayar? 
Jawab : Kita kasih tempo sampe 6 bulan, 7 bulan berturut-turut gak bayar, kita jual sama2 di harga pasar, lunasin utangnya, sisanya buat pemilik.

28. Kalo gak mau bayar, dan pemiliknya gak mau jual? 
Jawab : Kita kirimin ayat2 utang untuk menyelamatkan dia dari ancaman mengemplang utang.

29. Developer nerima uang angsuran konsumen sebanyak itu, udah terdaftar di OJK belum? 
Jawab : Kita jualan kredit, bukan ngumpulin duit orang.

30. Developer tahu CLBK gak? 
Jawab : tahu, chat lama beli kagak :D

Yudianto Malakiano
https://syamsagroup.co.id

Bagikan Artikel

Jumlah Komentar (0)

Berikan Komentar

KARYAWAN TETAP (KARTAP)

Sebelum terjun ke dunia bisnis, saya sempat beberapa kali keluar masuk jadi karyawan di perusahaan elektronik di kawasan industri MM2100 Cibitung dan kawasan EJIP Cikarang.

Berbekal gelar...